Langsung ke konten utama

Automatic Sliding Door

Perkembangan dunia elektronika saat ini mengalami kemajuan yang sangat cepat sekali. Dunia elektronika adalah dunia teknologi yang cukup luas, banyak perkembangan yang terjadi dari waktu ke waktu dan banyak sekali hal-hal yang bisa diantisipasi oleh dunia elektronika, dari hal-hal yang sederhana hingga hal-hal yang rumit, dari lingkungan sehari-hari hingga lingkungan industri. Dengan kemajuan teknologi yang berkembang dalam bidang elektronika ini akan banyak sekali ditemui aplikasi-aplikasi pada bidang elektronika yang dapat membantu mempermudah memecahkan masalah-masalah yang timbul pada bidang lain.        Perencanaan dan pembuatan suatu alat kontrol otomatisasi, ditujukan untuk membantu manusia dari hal-hal yang tak bisa dilakukannya dan mempermudah pekerjaan yang dilakukannya.
    Pembuatan pintu geser memang memerlukan konstruksi yang agak rumit daripada pintu biasa, apalagi bila kita menginginkan pintu geser tersebut adalah otomatis, yang tentunya terdapat sensor untuk membuka pintu, pembuatan pintu ini yang diutamakan adalah harganya ekonomis dan komponen yang mudah didapatkan.
     Rangkaian ini menggunakan gerbang untuk mengontrol putaran motor baik itu kekiri maupun kekanan, dengan inputan 2 buah sensor berat  sebagai pendeteksi adanya beban orang, dan sensor open dan sensor close sebagai limit switch untuk pembatas gerakan putaran motor.Prinsip kerjanya sederhana yaitu menonaktifkan motor ketika pintu sudah terbuka maupun tertutup. untuk driver motor bisa menggunakan IC L293D sebagai driver stepper. untuk mendasain rangkaian pertama kita akan membuat tabel kondisi.

Tabel Kebenaran

Input
Output
Sensor Berat (In)
Sensor Berat (Out)
Sensor Pintu (Open)
Sensor Pintu (Close)
Motor (Open)
Motor (Close)
0
0
0
0

1
0
0
0
1


0
0
1
0

1
0
0
1
1


0
1
0
0
1

0
1
0
1
1

0
1
1
0


0
1
1
1


1
0
0
0
1

1
0
0
1
1

1
0
1
0


1
0
1
1


1
1
0
0
1

1
1
0
1
1

1
1
1
0


1
1
1
1



Kondisi Pertama :
  • Motor akan bergerak membuka pintu ketika salah satu Sensor Berat(In) atau Sensor Berat(Out) bernilai 1 atau keduanya bernilai 1 dan Sensor Pintu(Open) harus bernilai 0 sedangkan untuk Sensor Pintu(Close) tidak berpengaruh/bisa bernilai  1/0.
  • Ketika pintu sudah menyentuh Sensor Pintu(Open),maka Sensor Pintu (Open) bernilai 1 dan motor berhenti bekerja selama salah satu Sensor Berat(In) atau Sensor Berat(Out) bernilai 1 atau keduanya bernilai 1.

Kondisi Kedua :
  • Motor akan bergerak menutup pintu ketika Sensor Berat(In) dan Sensor Berat(Out) bernilai 0 dan Sensor Pintu(Close) harus bernilai 0 sedangkan untuk Sensor Pintu(Open) tidak berpengaruh/bisa bernilai  1/0.
  • Ketika pintu sudah menyentuh Sensor Pintu(Close),maka Sensor Pintu (Close) bernilai 1 dan motor berhenti bekerja.
Rangkaian Elektronika
Link Download :









Komentar